Diskursus Desain

“Design is all around us” (Victor Margolin)

Desain ada di mana-mana. Desain menjadi nadi dari setiap benda material di kehidupan kita dan memberi nafas bagi proses imaterial pendukungnya. Ini berarti cara pandang kita terhadap dunia desain dan desain dalam wujudnya harus dilepaskan dari wujud objek itu sendiri. Wacana atau diskursus desain menyentuh lapisan luar dari desain, yaitu kehidupan itu sendiri.

Seorang guru pernah menyampaikan kepada saya, menjadi desainer adalah hal yang sulit untuk dilakukan. Desainer bukan semata tukang gambar, sebab ia dituntut memiliki kemampuan berpikir dengan keilmuan interdisipliner. Hal inilah yang sering kali tidak dipahami oleh masyarakat umum, bahwa desain bukan sekedar menggambar, desain memikirkan hal-hal lain dibalik sebuah gambar dan bentuk, dari aspek di luar dan di dalam manusia pengguna desain. Konsep yang mendasari sebuah desain adalah konsep kebaruan dan penyelesaian masalah dalam kehidupan manusia.

“What is the meaning of design today?” Demikian pertanyaan yang diajukan oleh Maurizio Vitta, yang dilegitimasi dengan fakta meningkatkan populasi profesi dan pendidikan desainer di Indonesia saat ini. Pendidikan desain yang masih mengadopsi teori dan pemikiran Barat, telah mengalami perkembangan pesat saat ini.

Bagi saya, pendidikan berbasis Barat tetap diperlukan, berdasarkan refleksi atas minimnya referensi tulisan dan teoretis dalam budaya desain bangsa ini. Tetapi dalam perkembangannya, demi kelangsungan keilmuan desain dan perkembangan wacana desain berbasis budaya Indonesia, agaknya kitalah yang harus mengembangkan budaya literasi ilmiah dalam keilmuan kita masing-masing. Budaya literasi desain, dengan melihat, menganalisis, dan mengolahnya menjadi pemikiran baru, selayaknya kita tanamkan, agar kita tidak menjadi bangsa penikmat dan pengadopsi desain asing dan meniscayakan pemikiran dan karakter bangsa yang kaya ini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: