Kopi dan Kafe

“Men say that coffee helps them get the job done, while woman say it’s a good way to relax (visual.ly)”

Kopi adalah satu hal yang mengawali hari saya di pagi hari. Secangkir kopi saya nikmat dengan duduk bersandar di sofa, dan kaki beralaskan bantal di depan televisi. Kopi instan tetap terasa sebagai kopi, dengan rasa dan baunya yang tidak terlalu tajam tetapi tetap memberi kenyamanan di mulut dan perut.

Menikmati kopi dalam waktu dan suasana berbeda tentu akan memberi kesan yang berbeda. Terlebih bila kopi itu dinikmati bersama teman di sebuah kafe ternama. Dilihat dari perspektif struktural, menurut Jean P. Baudrillard, yang kita konsumsi adalah tanda (pesan dan citra) ketimbang komoditas. Ini berarti konsumen membaca sistem komunikasi untuk mengetahui apa yang dikonsumsi. Komoditas tidak lagi didefinisikan berdasarkan kegunaannya, namun berdasarkan atas apa yang mereka maknai.

Biji kopi adalah komoditas. Secangkir kopi adalah bahan konsumsi. Tetapi secangkir kopi mahal yang dinikmati dalam sebuah kafe ternama adalah gaya hidup. Gaya hidup yang saat ini menjadi marak berlaku di kota besar di seluruh negeri, khususnya di kotaku ini. Kafe-kafe baru bertumbuhan di sudut-sudut kota, bahkan merambah daerah pemukiman. Apa jaminan kafe-kafe tersebut akan laku dan bertahan hidup di tengah persaingan? Gaya hidup. Gaya hiduplah yang dicari pada saat konsumsi tidak mengatasnamakan komoditas.

Saya penikmat kehidupan kota. Saat menulis blog ini pun, saya tengah menikmati secangkir kopi panas yang harum di sebuah kafe yang tengah menjadi perbincangan di lingkungan peegaulan sosial saya. Bagi saya,

Coffee is heaven…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: